Feeds:
Posts
Comments

Vanda FOR SALE

Buka lapak lagi. Hahahaha….

Berhubung taneman Vanda ku makin bongsor-bongsor dan makan tempat, jadi mau kulego ajalah. Soalnya aku perlu space halaman buat Cattleya.

Tapi ya gitu deh… berhubung akarnya kesana kemari, jadi ribet kalo mau dipacking. Mohon maaf, tidak menerima request pengiriman. Jadi bagi yang berminat, dateng aja ke rumahku ya. Di Lippo Cikarang. Komen aja di sini. Tar aku hubungi buat detail alamatnya.

Ada macem-macem Vanda. Ada V.devogtii, V.tricolor Jabar. V.Tricolor Bali, V.foetida, Ascoglosum calopterum, V.jennae.

Tapi berhubung cuma ada beberapa yang ada name tag, dan aku ga hapal juga yang mana yang namanya apa, jadi harganya terpaksa pukul rata aja ya. Jadi untung-untungan deh. Kalo ternyata dapetnya jenis-jenis yang unik dan ga umum, ya berarti beruntung. Tapi kalo dapetnya tricolor… ya apa boleh buat. 😀

Untuk taneman yang gede (yang udah beberapa kali berbunga),  dengan panjang taneman sampe akar sekitar semeter, itu harga Rp 75 rb.

Untuk taneman yang remaja (ada beberapa tricolor jabar, beberapa tricolor bali, 1 Vanda hybrid dari Thailand yang warna ungu, Asco. calopterum. Tp lupa yang mana tanemannya), harga Rp 45 rb.

Sementara yang kecil muntil (seukuran telapak tangan, jenis Vanda Thailand ungu), harga Rp 25 rb aja.

Poto menyusul.

Kalo mau lebih aman sih … daripada tebak2 yang mana devogtii, tau-tau pas berbunga ternyata tricolor, mending semua diborong aja. Langsung angkut ke rumah aja. Ya ga siiih… 🙂  Ada 5 taneman gede,  6 taneman sedang, dan 1 taneman kecil.

Selamat membeli. 🙂

 

>>> sudah sold out <<<

 

Advertisements

Cattleya

Posting di tahun 2013. Setelah vakum ga posting poto-poto baru. Sekarang aku udah memantapkan diri untuk menambah koleksi hanya di deretan Cattleya dan sekutu2nya aja (BLC, LC). Genus laen ga akan nambah lagi. Kecuali pas hunting anggrek, iman berikut isi dompet tergoyahkan sama cantiknya anggrek genus laen. So far sih berhasil. Ga beli2 jenis laen selaen Cattleya. Ada sih satu dua anggrek bulan alias Phalaenopsis. Tapi ya itu tadi. Berhasil kurawat hingga berbunga dan akhirnya punah karena disiram air hujan terus menerus. Ya sudahlah. Udah takdirnya mau punah. 😦

Btw, inilah beberapa Cattleya yang udah bergantian mekar di halamanku. Heran. Kok ga mau kompak mekar semua gitu. Kan bisa semarak kalo berbunga serempak dan terus menerus. *maunyaaaaaa*   😉

BLC Memoria Helen Brown

BLC Memoria Helen Brown

Catty No ID. Sepertinya ada mirip Pastoral Innocence gitu ya.

Catty No ID. Sepertinya ada mirip Pastoral Innocence gitu ya.

Cattleya No ID. Lupa namanya. Rasanya ini spesies. Bukan hibrid.

Cattleya No ID. Lupa namanya. Rasanya ini spesies. Bukan hibrid.

Cattleya Alma Kee

Cattleya Alma Kee

Cattleya No ID. Silangan apa sama apa gitu. Tag nya hilang lima tahun lalu. Dapet taneman ini dari barteran. Dari waktu taneman ini masih seedling kecil mungil.

Cattleya No ID. Silangan apa sama apa gitu. Tag nya hilang lima tahun lalu. Dapet taneman ini dari barteran. Dari waktu taneman ini masih seedling kecil mungil.

Jadi .. ya begitulah. From now on, blog ini hanya akan mengupdate Cattleya yang bermekaran di halamanku. Setuju kan? Setuju dong. 😀

Dendrobium aphyllum

Poto bunganya

Poto tanemannya

Dendrobium ini beraroma harum lembut. Menyukai panas matahari. Jadi aku letakkan tanaman ini di bagian halamanku yang terkena sinar matahari siang hingga sore. Kalau dia cukup kena panas matahari, daunnya akan berwarna hijau semburat ungu. Dan daun-daunnya yang masih muda akan berwarna ungu tua. Tanaman ini cenderung merontokkan daunnya, baru mengeluarkan bunga. Jadi, kalau tanaman sudah rimbun, kelihatan seakan-akan hendak mati. karena cuma berupa tanaman gundul. 🙂 Tapi…, kalau sudah keluar gerombolan bunganya, baru keliatan cantiknya.

Taneman ini aku dapet dari kakakku. Waktu itu beliau ngasih beberapa keiki, dan kemudian… setelah kupelihara selama dua tahun …. keluarlah gerombolan-gerombolan bunganya. Horeeee…!

Vanda devogtii

Vanda spesies ini berasal dari kota Palu, Sulawesi Utara. Aku dapetnya dari temen sesama hobiis anggrek. Sekitar nyaris dua tahun tanaman ini ada di halamanku, baru deh berbunga. Bunganya berukuran sedang untuk ukuran Vanda. Tidak sekecil bunga Vanda limbata, tapi tidak sebesar bunga Vanda tricolor.

Poto Cattleya ungu yang baru berbunga. Kuntum di belakangnya masih kuncup. Ini bunga pertamanya sejak aku dikasih tetanggaku sekitar 6 bulan lalu.

Naaah… ini poto tanemannya. Udah rimbun. Makanya, begitu pindah ke halamanku, ga begitu lama aku nunggunya (enam bulan termasuk sebentar kalo nunggu taneman anggrek ngeluarin kuncup 🙂 ), si Cattleya cantik ini langsung berbunga.

Aku ga tau persis nama Cattleya ini. Dan apakah ini termasuk spesies ataupun hibrida, aku juga ga tau. Tapi mengingat Cattleya adalah tanaman yang berasal dari Amerika Latin, kemungkinan Cattleya yang aku punya ini adalah jenis hibrida alias udah hasil silangan.

Dendrobium Rong Kamol

Akhirnya aku tau juga nama si anggrek cantik ini. Hasil nanya-nanya di Group Orchids gitu deh. Dan ternyata ini adalah hasil silangan (hibrida) dari Thailand. Makanya namanya bernuansa nama Thailand gitu. Hasil persilangan / keturunan dari Dendrobium Dawn Marie.

Seperti juga Dendrobium jenis lainnya, Dendro ini menyukai sinar matahari yang cukup banyak alias panas pagi sampe siang (sekitar jam 2 siang). Kalo dia ditempatkan di kondisi seperti ini, batangnya akan subur, gemuk, dan rajin berbunga. Dengan catatan, aliran anginnya juga lancar yaaa…

Doritis pulcherrima

 

Anggrek ini aku dapet dari kakakku. Anggrek ini gampang sekali rimbun. Tumbuh banyak anakan. Tapi, sejak anggrek ini ada di halamanku (udah sekitar 6 tahun), baru sekali dia ngembang. Langsung keluar 3 tangkai sekaligus. Tapi setelah itu, belom berbunga-bunga lagi.

Jadi mohon maaf, aku ga bisa kasih saran gimana cara ngebungain anggrek ini. Karena bagi aku, hal ini juga masih merupakan misteri. 😉